Di SMKN 26 Jakarta kegiatan MPLS biasanya dilakukan dalam jangka waktu 4-5 hari tergantung situasi dan kondisi. Kegiatan MPLS di sekolah ini menggunakan 2 tempat yaitu lapangan dan juga aula sekolah, karena setiap hari sebelum acara MPLS dimulai para peserta didik baru SMKN 26 Jakarta akan dikumpulkan di lapangan untuk melakukan senam pagi bersama-sama.

Hari pertama, pada hari pertama para peserta didik baru biasanya akan diperkenalkan dengan kepala sekolah serta jajaran kesiswaan dan guru BK, gunanya supaya mereka tahu kemana mereka harus melapor jika terjadi sesuatu. Selain itu mereka juga akan diperkenalkan dengan yel-yel serta mars SMKN 26 Jakarta yang sudah menjadi hal wajib bagi seluruh warga SMKN 26 Jakarta, pasalnya lagu ini akan diputar setiap upacara bendera.

Hari kedua, biasanya pada hari kedua ini akan diisi oleh orang-orang yang datang, baik itu dari Bimbingan Konseling, Dinas Pendidikan, Kepolisian, maupun petugas dari Puskesmas yang datang untuk memberikan penyuluhan bagi para peserta didik baru mengenai masalah-masalah remaja yang terkait dengan bidangnya masing-masing. Selain itu saat dalam prosesi penyuluhan ini, para peserta didik baru juga akan diajak untuk berinteraksi melalui games-games seru dan asyik maupun melalui pertanyaan yang berbuah hadiah.

Hari ketiga, biasanya hari ketiga dan seterusnya ini adalah hari favoritnya peserta didik baru karena di hari ketiga ini mereka akan diajak berkeliling sekolah agar mereka mengetahui letak-letak ruangan yang ada di SMKN 26,dan mereka juga akan diperkenalkan kepada kepala jurusan serta letak bengkel masing-masing. Setelah itu mereka akan di tuntun kembali ke aula dan mereka akan diperlihatkan demo dari ekskul-ekskul yang ada di SMKN 26 Jakarta, dimulai dari ekskul yang berkegiatan di dalam ruangan seperti Jurnalistik 26, Nihon Club, Rohis, Student Company dan lain-lain.

Hari keempat, ya hari keempat ini merupakan hari yang paling menyenangkan bagi peserta didik baru. Menurut murid-murid yang saya wawancara, beberapa berkata bahwa hari keempat menyenangkan karena bertempat di luar ruangan sehingga mereka merasa lebih leluasa sekaligus bisa menghirup udara segar dibandingkan udara AC aula. Pada hari ini juga mereka akan ditunjukkan demo ekskul bagian ke-dua yang diisi oleh berbagai ekskul yang biasanya berkegiatan di luar ruangan seperti silat, pramuka, Osis, Tepepa, dan lain-lain. Setelah itu acara akan dialmbil oleh anak Osis dan MPK untuk mempromosikan organisasi mereka sebelum akhirnya acara ditutup.

Hari kelima, hari yang biasa-biasa saja tapi ditunggu-tunggu oleh peserta didik baru, karena setelah hari ini mereka secara resmi (sebetulnya udah resmi dari awal sih..) menjadi bagian dari SMKN 26 Jakarta, dan pada hari ini juga aka nada perekrutan ekskul yang merupakan bagian paling seru dari kehidupan SMK, maka dari itu para peserta didik baru diharapkan memilih ekskul yang sesuai dengan keinginan dan minat bakat, bukan karena diajak teman atau terpaksa. Setelah acara perekrutan para siswa dikumpulkan kembali di aula dan mendengarkan sedikit kata-kata dari kepala sekolah maupun guru-guru kesiswaan tentang kesan dan pesan untuk peserta didik baru, dan akhirnya acara ditutup dan para Peserta didik baru SMKN 26 Jakarta berubah nama menjadi Peserta didik SMKN 26 Jakarta.

Selesai sudah cerita tentang MPLS di SMKN 26 Jakarta, bagaimana ? Seru kan ? Jadi buat kalian para adik-adik yang punya niat untuk masuk ke SMKN 26 Jakarta belajar yang rajin ya, selain karena masuk kesini itu butuh Nilai ujian yang tidak kecil, kalian juga harus belajar demi majunya bangsa ini serta suksesnya masa depan kalian. Jadi see you next time !

Writed By : Jurnalistik 26


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *