Pembekalan di SMKN 26 sudah dilakukan setiap tahunnya. Di tahun 2019 ini, kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 8 April sampai dengan 12 April 2019. Tujuan dari pembekalan ini adalah guna membentuk karakter sebelum terjun ke dunia industri.

Pada hari pertama, kegiatan yang dilakukan kelas XII yaitu mendengarkan motivasi dari seorang motivator. Isi dari motivasi tersebut, membentuk karakter siswa kelas XII menjadi seorang champion atau pemenang. Untuk menggapai itu semua, kita harus menjadi pribadi yang lebih baik dari orang lain. Siswa kelas XII diminta menuliskan 100 target untuk dirinya ke depan. Karena menjadi sukses itu tidak bisa instan, contohnya perusahaan Honda yang pada saat itu sangat tergila-gila dengan mesin. Pertama kali mereka membuat motor kecil lalu banyak yang menertawakan dan meremehkan mimpinya. Namun mereka tidak pernah patah semangat, mereka terus mencoba membuat motor yang lebih besar. Pada intinya “Mimpi adalah Power, makanya dulu Honda sebelum berubah menjadi One Heart slogannya adalah The Power of Dream,” ucap si motivator. Salah satu kata bijak yang diberikan motivator kepada kelas XII, yaitu “If you can dream it, you can do it.”

Pada hari selanjutnya siswa kelas XII diberikan motivasi seperti di hari sebelumnya yang dilaksanakan di aula. Salah satu motivator tersebut adalah alumni dari SMKN 26, yang mana beliau merupakan satu-satunya murid perempuan di jurusan Teknik Manajemen dan Perawatan Otomotif yang saat ini menjadi ketua IASPEM (Ikatan Alumni STM Pembangunan) serta memiliki usaha online yang sukses. Setelah lulus dari SMKN 26, beliau langsung bekerja dan mendapatkan penghasilan yang cukup, lalu berkuliah sampai S2. Kemudian adapula presentasi yang menjelaskan tentang perusahaan ASTRA. Pada hari kamis, siswa kelas XII mendapatkan informasi tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja di dunia industri. Setelah itu mereka kembali ke bengkel masing-masing untuk mendapat arahan tentang perusahaan yang menyangkut jurusan oleh guru.

Hari Jumat adalah hari terakhir pembekalan siswa kelas XII. Kegiatan diawali dengan senam bersama di pagi hari, setelah selesai senam mereka dipersilahkan untuk mengambil makanan masing-masing. Namun, mereka diberikan suatu tantangan yaitu pada saat mendengar sirine mereka harus tiarap di tempat yang sudah ditentukan oleh pembina. Ketika mendengar sirine yang kedua mereka harus kembali ke tempat makan yang ada di dekat mereka, walaupun makanan tersebut bukan milik mereka. Hal tersebut dilakukan untuk melatih kedisiplinan. Ketika siang hari saat matahari tepat berada di atas kepala, mereka berlatih PBB (Peraturan Baris-Berbaris) bersama beberapa anggota polisi dan mempraktekkan simulasi apa yang harus dilakukan, jika ada bencana yang terjadi saat keadaan mendesak.

Jadi, inti dari pembekalan siswa kelas XII ini bertujuan agar mereka dapat mengetahui sikap, karakter dan hal lainnya yang harus mereka miliki saat terjun ke dunia industri. Seperti kedisiplinan, keselamatan dan kesehatan kerja, daya juang yang tinggi, dan semua aspek yang harus ada saat kita di industri nanti. Semoga kelas XII tahun ini dapat sukses dan membanggakan SMKN 26 di dunia industri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *